Dugaan Kasus Pengoplosan dan Penyulingan BBM Solar di Jepon, Kabupaten Blora belum tersentuh APH.

Blora | beritapolisi.co.id – Dugaan Kasus Pengoplosan dan Penyulingan BBM Solar di Desa Jepon RT, 3. RW, 8 Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, berjalan lancar dugaan illegal. Jumat 29 maret 2024

Aktifitas Penyulingan bahan bakar Minyak (BBM) Solar dugaan ilegal kembali beraktivitas meski tidak mengantongi izin legalitas dari Dinas terkait.

Diduga pengoplosan atau penyulingan bahan bakar minyak (BBM) mentah dicampur dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar subsidi dari Stasiun pengisian bahan bakar Umum (SPBU) sekitar wilayah Hukum Polres Blora.

Kemudian bahan baku itu dicampur dengan asam sulfat (air keras) dan bleaching (pemutih). Selanjutnya diaduk dengan menggunakan mesin Diesel untuk menyuling.

Nampak di dalam Video aktifitas Penyulingan bahan bakar Minyak (BBM) Solar dugaan ilegal puluhan orang, puluhan kempuh kapasitas 1 ton an, dan Mesin Diesel untuk menyuling.

PT. Maximus Energy Indonesia Nopol DA 8252 PQ dan Lainnya Kapasitas 10.000 liter.

Supriyanto (ilyas) Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (Gmicak) menjelaskan, jika hal diatas tidak berizin maka dapat di anggap melanggar UU dikarenakan :

Penyalahgunaan BBM bersubsidi juga merupakan tindak pidana yang diatur dalam Pasal 53 sampai dengan Pasal 58 UU No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Sanksinya adalah pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling tinggi Rp60 miliar.

Selain itu, Pasal 53 huruf c UU Migas mengatur pidana bagi orang yang melakukan penyimpanan BBM tanpa memiliki Izin Usaha Penyimpanan. Sanksinya adalah pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling tinggi Rp 30 miliar.

Pasal 6 UU Migas juga mengatur pidana bagi orang yang melakukan pengangkutan BBM tanpa memiliki Izin Usaha Pengangkutan. Sanksinya adalah pidana penjara paling lama 4 tahun dan denda paling tinggi Rp 40 miliar.

Dugaan sementara belum diendus Polsek Jepun, Polres Blora, Polda Jawa Tengah.

Rilis : Tim Sembilan
Catatan : dilarang mengambil gambar dan nerita tanpa seijin Redaksi bisa di pidana
Dari hasil pemberian, Redaksi alan berkordinasi dengan Aparat Hukum terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *